Web Server dan Multiprocessing

Nama          : Dicky Insan Khamil
Nim             : 1805551084
Mata Kuliah : Network Operating System
Dosen         : I Putu Agus Eka Pratama,S.T,M.T
Teknologi Informasi/Fakultas Teknik/Universitas Udayana


WEB SERVER
     XAMPP merupakan salah satu software komputer yang menjadi alat dari kumpulan beberapa program yang biasanya digunakan untukmembuat server localhost,berikut tampilan dari contoh penggunaan XAMPP untuk melihat penggunaan memori dengan menggunakan perintah "top" dan "htop".

  Tampilan ketika menjalankan perintah "top"
Tampilan ketika menjalankan perintah "htop" 
     Gambar diatas merupakan tampilan saat menjalankan perintah "top" dan "htop" ketika sebelum menjalankan XAMPP, selanjutnya untuk menjalankan atau mengaktifkan XAMPP dilanjutkan dengan menjalankan perintah "sudo /opt/lampp/lampp start" berikut tampilannya.

Tampilan ketika menjalankan perintah "sudo /opt/lampp/lampp start"
     Setelah menjalankan perintah "sudo /opt/lampp/lampp start" akan dilakukan pengecekan dengan kembali menjalankan perintah "top" dan "htop" untuk melihat apakah ada perbedaan penggunaan memori yang digunakan pada perangkat komputer, berikut tampilannya.

  Tampilan ketika menjalankan perintah "top" setelah mengaktifkan XAMPP
  Tampilan ketika menjalankan perintah "htop" setelah mengaktifkan XAMPP
     Gambar diatas merupakan tampilan dari perintah "top" dan "htop" saat menggunakan XAMPP, dapat dilihat terjadi perubahan dalam penggunaan memori, yang dapat dilihat pada bagian atas perintah yaitu penggunaan "Task" yang bertambah saat menggunakan perintah sebelumnya.

MULTIPROCESSING
     Mutiprocessing merupakan suatu kemampuan perangkat komputer untuk melakukan pemrosesan data yang dilakukan secara serentak, hal ini memungkinkan komputer untuk menjalankan dua proses atau lebih dalam waktu yang bersamaan, berikut contoh tampilannya menggunakan perintah "top" dan "htop".

 Tampilan ketika menjalankan perintah "top"
Tampilan ketika menjalankan perintah "htop"
     Gambar diatas merupakan tampilan ketika menjalankan perintah "top" dan "htop", untuk membuktikan multiprocessing akan dilakukan percobaan dengan menjalankan sebanyak mungkin aplikasi yang ada di OS Linux secara bersamaan, berikut tampilan saat melakukan percobaan.

Tampilan ketika menjalankan perintah "top" setelah membuka banyak aplikasi
Tampilan ketika menjalankan perintah "htop" setelah membuka banyak aplikasi
     Gambar diatas merupakan tampilan saat menjalankan perintah "top" dan "htop" setelah menjalankan sebanyak mungkin aplikasi yang ada di sistem operasi Linux, dapat dilhat bahwa terjadi perubahan penggunaan memori untuk menjalankan banyak aplikasi diwaktu yang bersamaan.

Komentar