Praktikal Fungsi Kernel Linux

Nama          : Dicky Insan Khamil
Nim             : 1805551084
Mata Kuliah : Network Operating System
Dosen         : I Putu Agus Eka Pratama,S.T,M.T
Teknologi Informasi/Fakultas Teknik/Universitas Udayana


KERNEL LINUX
       Kernel Linux merupakan kernel yang digunakan didalam sistem operasi GNU/Linux, yang merupakan turunan dari keluarga sistem operasi UNIX, kernel linux sudah mengalami perkembangan pesat. Kernel linux berbeda dengan sistem Linux. Kernel Linux merupakan sebuah perangkat lunak orisinil yang dibuat oleh komunitas Linux, sedangkan sistem linux mengandung banyak komponen yang dibuat sendiri. Berikut beberapa fungsi dari kernel linux.

1. Mengetahui Memori yang Ada, Tersisa dan Digunakan

Gambar diatas merupakan tampilan saat menjalankan perintah "free", perintah ini digunakan untuk dapat memeriksa memori yang ada, tersisa dan yang sedang digunakan, dapat dilihat bahwa terdapat dua jenis memori yang terdeteksi yaitu memori hardisk dan memori swap dengan masing-masing kapasitas memori yang ada, tersisa dan yang sedang digunakan.

2. Mengetahui Informasi CPU dan Unit Pemrosesannya

 
Gambar diatas merupakan tampilan saat menjalankan perintah "lscpu", perintah ini digunakan untuk dapat mengetahui informasi dari CPU dan unit pemrosesannya, dapat dilihat beberapa spesifkasi yang digunakan didalam perangkat seperti Model Name, Vendor, dll.

3. Memeriksa Versi Sistem Operasi yang Digunakan

 
Gambar diatas merupakan tampilan saat menjalankan perintah "lsb-release -a", perintah ini digunakan untuk dapat memeriksa jenis atau versi dari sistem informasi yang digunakan, dapat dilihat bahwa output dari menjalankan perintah diatas yaitu informasi dari sistem informasi yang digunakan distributor nya yaitu Ubuntu dan terdapat beberapa informasi lainnya.

4. Memeriksa Repositori

Gambar diatas merupakan tampilan saat menjalankan perintah "sudo nano /etc/apt/sources.list", perintah ini digunakan untuk melihat repositori yang digunakan, pada perintah ini kita juga dapat mengganti repositori yang digunakan, disini saya akan menggantinya menjadi repositori lokal dengan menggunakan http://kambing.ui.ac.id/ubuntu/, prosesnya seperti gambar di bawah ini.

Setelah mengganti menjadi http://kambing.ui.ac.id/ubuntu/ yang merupkan repositori lokal kita harus menjalankan perintah  "sudo apt-get update" dan di lanjutkan dengan menjalankan perintah "sudo apt-get upgrade" hal ini bertujuan untuk meupdate dan meupgrade repositori agar dapat digunakan, setelah dua perintah tadi berhasil dijalankan makan repositori sudah terganti dan dapat digunakan, prosesnya dapat dilihat pada gambar dibawah ini.



5. Menampilkan Partisi Harddisk serta Mount Point, File System, dan Ketersediaan Ruang

Gambar diatas merupakan tampilan saat menjalankan perintah "df -h", perintah ini digunakan untuk menampilkan partisi yang terhubung dengan perangkat, pada perintah ini kita juga dapat melihat kapasitas dari seluruh partisi yang digunakan oleh linux.

6. Melihat Partisi Harddisk dan Device yang Digunakan

Gambar diatas merupakan tampilan saat menjalankan perintah "sudo fdisk -l", perintah ini digunakan untuk melihat partisi, pada perintah ini kita juga dapat melihat ukuran dari partisi yang ada, perintah ini juga dapat digunakan untuk membuat partisi hardisk dan juga dapat menghapus partisi yang ada atau yang sudah dibuat. Selanjutnya saya akan mencoba untuk memasang flashdisk  atau disk internal pada perangkat dan akan saya jalankan lagi perintah nya, dan saat flashdisk terbaca terjadi sedikit perubahan saat menjalankan perintah, berikut tampilannya.


7. List Disk yang Ditampilkan dalam Bentuk List untuk Device beserta dengan Bloknya

Gambar diatas merupakan tampilan saat menjalankan perintah "lsblk", perintah ini digunakan untuk melihat list disk dan blocknya yang bertujuan untuk melihat nama device yang digunakan, perbandingan besar kecilnya proses yang digunakan, ukuran dari device tersebut dan terdapat mount point atau tempat dijalankan.

8. Melihat Kernel yang Terpasang

Gambar diatas merupakan tampilan saat menjalankan perintah "uname -a", perintah ini digunakan untuk melihat versi kernel yang dijalankan atau digunakan pada perangkat dan terdapat versi dari kernel.

9. Melihat List PCI (Peripheral Component Interconnect)

Gambar diatas merupakan tampilan saat menjalankan perintah "lspci", perintah ini digunakan untuk melihat list peripheral apa saja yang digunakan pada perangkat, dapat dilihat terdapat Discrate Graphics Card yang digunakan dan lainnya.

10. Mengetahui File Sistem dan Sistem yang Terkait ke Sistem Operasi

Gambar diatas merupakan tampilan saat menjalankan perintah "mount | column -t", perintah ini digunakan untuk mengetahui file sistem dan sistem yang terkait dengan sistem operasi, dapat dilihat ada banyak informasi yang diberikan saat menjalankan perintah ini.

11. Mengetahui List dari Perangkat SCSI (Small Computer System Interface)

Gambar diatas merupakan tampilan saat menjalankan perintah "lsscsi", perintah ini digunakan untuk mengetahui list dari perangkat Small Computer System Interface, dapat dilihat didalam list terdapat CD/DVD ROM, Hardisk, dan juga Flashdisk yang tersambung dengan perangkat.

12. Mengetahui Detail dari USB BUS, Controller, dan Device yang Terkait

Gambar diatas merupakan tampilan saat menjalankan perintah "lsusb", perintah ini digunakan untuk menampilkan detail dari USB BUS, controller, dan device yang terhubung, dapat dilihat terdapat beberapa perangkat yang terhubung.

13. Menampilkan List Perangkat Keras pada Laptop

Gambar diatas merupakan tampilan saat menjalankan perintah "sudo lshw", perintah ini digunakan untuk menampilkan list perangkat keras pada komputer/laptop yang digunakan sepertivga, procesor, dll. Agar lebih mudah saat membaca dan agar terlihat lebih jelas dapat menjalankan perintah "sudo lshw -short" dan akan merubah tampilannya menjadi seperti gambar di bawah ini.


REFERENSI
[1] Materi Tambahan oleh Bapak I Putu Agus Eka Pratama.

Komentar